SD Negeri 51 Singkawang

Selamat Datang di Blog Suyano. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar
SELAMAT DATANG DI BLOG SUYATNO

Sabtu, 20 Mei 2023

KEGIATAN WISATA DIGITAL GURU


Ikatan Guru Indonesia (IGI) Gelar Workshop Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME) dan Launching Pekan Raya IT Se-KALBAR


 Suyatno 
 Sabtu, 20 Mei 2023

 
    
 
Dengan pesatnya perkembangan Teknologi yang ditandai dengan mulai berlangsungnya era Industri 4.0. Peningkatan Kemampuan Teknologi dan Informasi menjadi satu topik yang banyak dibahas untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru di Indonesia. Dalam rangka untuk meningkatkan implementasi dan pemanfaatan teknologi. Ikatan Guru Indonesia (IGI), berkolaborasi dengan Dikdisbud kota Singkawang menggelar workshop "Literasi Digital" pada hari Sabtu, 20 Mei 2023. Acara ini diselenggarakan di Aula Pertemuan Taman Teratai Singkawang yang merupakan salah satu tempat wisata yang terlatak di Kota Singkawang.

Workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)" yang dibuka dengan sambutan dari Bapak Alkindi, S.Pd selaku ketua IGI Kota Singkawang dan dilanjutkan dengan Bapak Safari Hamzah, S.Ag.,M.Si Kabid GTK Kota Singkawang. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai sekolah yang ada di Kota Singkawang Mulai dari jenjang SD sampai SLTA.

Dalam kegiatan ini terdapat 5 pembicara, yaitu Helmi Fauzi, S.H Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang, Suhendra, S. Sos, editor/redaktur suarakalbar.co.idArie Tiyawarman, S. Pd, Andri Suwandi, S.Pd, dan Sigit Aprisama, M.Pd. Sesi pertama dimulai oleh Bapak Helmi Fauzi, S.H dari Dewan Pendidikan Kota Singkawang membawakan materi dengan judul The five Industrial Revolution.

Suhendra, S.Sos sebagai pembicara kedua dari redaktur suarakalbar.co.id membahas mengenai tata cara menulis sebuah berita yang baik dan benar. Beliau juga menjelaskan lebih dalam tentang cara menulis berita dengan gaya jurnalistik. 

Pada sesi ketiga, dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang cara membuat blog pribadi yang dibawakan lansung oleh Bapak Andri Suwandi, S.Pd dari IGI. Di sesi ini, Beliau memjelaskan mengenai pengertian blog, cara membuat akun blog pribadi dan tata cara membuat tampilan akun blog lebih menarik serta memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pada sesi ini seluruh peserta workshop diajak untuk membuat akun blog pribadi menggunakan laptop yang telah peserta bawa.

Workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)” juga diisi oleh Bapak Arie Tiyawarman, S.Pd dan Bapak Sigit Aprisama, M.Pd. Pada sesi ini dibahas mengenai pemanfaatan game pembelajaran wordwall, dan merancang pembejaran berdiferensiasi dan penerapannya di dalam kelas. Pada sesi ini juga langsung diaplikasikan oleh seluruh perserta tentang pemanfaatan game dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Ikatan Guru Indonesia (IGI), menyelenggakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar para guru yang ada di Kota Singawang semuanya mahir dalam memanfaatkan tenologi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, workshop ini juga memberikan pelatihan agar guru dapat mengimplementasikan semua materi pembelajaran dengan tepat sehingga dapat mencapai tujuan utama dari implementasi sebuah literasi digital.

Harapan dengan adanya kegiatan workshop ini, kolaborasi antara Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Singkawang dapat terus dikembang untuk  memajukan inovasi teknologi digital di Indonesia khususnya di Kota Singkawang. Sehingga sebagian besar guru yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis teknologi yang akan berdampak majunya pendidikan di Indonesia.

Acara workshop "Literasi Digital (SAGUSAMED dan SAGUSAPIJAR/EDU GAME)" ini dapat berjalan dengan sukses berkat adanya dukungan penuh dari berbagai pihak seperti Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Dinas Pendidikan Kota Singkawang. Selain itu, para pemateri dan keterlibatan para peserta workshop juga sangat berperan penting dalam menyukseskan acara ini.




 

0 komentar:

Posting Komentar